Cara Singkat Membuka Rekening Investasi (Open Account)

Pada era yang kian modern saat ini kita akan dimanjakan dengan berbagai kemudahan berkat digitalisasi. Sama halnya ketika kamu berniat menjadi investor saham, maka langkah penting yang tak terelakkan adalah dengan memiliki Rekening Dana Investasi (RDI) agar bisa bertransaksi saham.


Prasyarat penting untuk dapat berinvestasi saham adalah memiliki RDI. RDI merupakan akun rekening yang di integrasikan dengan rekening perbankan kamu. 


Gambar: http://phillipsecuritiesindonesia.blogspot.co.id/2012/03/proses-pembukaan-pengaktifan-rekening.html
Apa bedanya rekening umum dan RDI ?

Dengan memiliki RDI otomatis kamu akan memiliki dua rekening, yakni rekening perbankan dan RDI. 

RDI ini akan berisi saldo yang bisa di top up atau di isi agar kamu bisa memakai saldo RDI untuk bertransaksi saham. 

Semisal, kamu sudah memiliki rekening BCA, maka satunya lagi kamu akan memiliki RDI yang langsung terintegrasi (bisa cek saldo baik rekening umum/ RDI via di internet banking/ATM), tapi saldonya terpisah. Jadi, tenang saja, rekening tak akan tercampur karena saldo akan terpisah.

Bila dahulu membuka RDI secara konvensional prosesnya memakan waktu yang lama dan membutuhkan setoran awal yang besar. Kini prosesnya sangat mudah, cepat, dan tak membutuhkan setoran deposit awal yang besar. 

Maka dari itu, bagaimana prasyarat dan tahapan membuka RDI baik cara konvensional maupun via online?

      1.    Siapkan dokumen prasyarat 

Ada sejumlah beberapa dokumen standar yang diperlukan untuk mendaftar. Tak ribet kok, kamu cukup siapkan:        
nKartu Identitas (KTP) dan Fotokopinya
nNPWP dan Fotokopinya
nRekening Koran/ boleh fotookopi cover Buku Tabungan yang tertera Profil/ Nomor rekeningmu.
Sebaiknya menggunakan dan memiliki buku tabungan yang setidaknya sering dipakai oleh investor atau memiliki kerjasama dengan otoritas, seperti Bank BCA, Bank Mandiri, dan lainnya.

Bagi kamu pengguna buku tabungan digital, seperti tabungan expresi BCA, maka cukup print out/screnshoot cover internet banking saja.
Kesemua dokumen tersebut nantinya digunakan untuk membuka atau membuat RDI di sekuritas terkait baik via konvensional maupun online.

       2.    Mendaftar via konvenional atau online

Ada dua cara yang bisa kamu pilih untuk membuka RDI. Tapi, kami sarankan membuka akun via online lebih mudah, cepat, dan efisien ketimbang via konvensional.

            Membuka rekening via konvensional

-   Caranya sangat mudah, kamu tinggal datang ke kantor cabang perusahaan sekuritas terdekat pilihanmu, seperti IPOT, Mansek, Mirae Aset, dan sebagainya. Sebaiknya cek di situs masing-masing untuk mengetahui keberadaan kantor cabang terkait dan terdekat.
-  Petugas akan meminta sejumlah dokumen standar, yakni KTP beserta fotokopinya, Kartu/ nomor NPWP beserta fotokopinya, salinan atau fotokopi cover buku tabungan yang ada keterangan profil pemilik rekening.
-          Isilah formulir yang disediakan petugas
-          Membayar setoran awal
Tenang sajadana ini tetap akan menjadi milikmu, nantinya akan dialihkan masuk ke RDI kamu 100 persen. Dana yang ada di RDI itulah yang bisa kamu transaksikan untuk belanja saham). Setoran awal kini sangat murah, cukup 200 ribuan saja bagi kamu yang masih berstatus pelajar/mahasiswa, seperti sekuritas IPOT, sementara kalau Mansek sekitar 2 Juta.

Proses selesai dan silahkan tunggu beberapa hari sesuai info dari petugasnya. Biasanya Cuma memakan waktu beberapa hari saja alias tak lama kok. Palingan sekitar 2-3 harian. 

Setelah proses selesai kamu akan mendapat kartu AKSES beserta id dan password yang berfungsi untuk akses masuk ke aplikasi trading terkait via computer atau smartphone (IOS/Android).

            Mendaftar Via Online

            Cara mendaftar lewat cara ini sangat mudah dan cepat. Kami sangat                                     merekomendasikan sebaiknya memakai cara ini.
-       Kita tinggal masuk ke situs perusahaan sekuritas terkait yang telah menyediakan layanan pendaftaran via online,seperti IPOT atau Mansek.
-          Isilah formulir yang tertera
Di sini kita hanya mengisi keterangan-keterangan saja, seperti nama, alamat, NPWP, dan seterusnya.
-        Setelah pengisian formulir dan submit selesai, maka kamu akan menerima email berisi 4 file berformat pdf yang berisi keterangan atau pernyataan untuk kamu isi dan tanda tangani.
-      Ada dua opsi yang bisa kamu pilih saat mendaftar. Pertama, memilih mengirim balik ke alamat terkait atau petugas akan menjemput mengambil dokumen tersebut di alamat yang kamu masukkan. Opsi ini muncul ketika kamu mengisi formulit tersebut.
-        Setelah dokumen terkirim, maka kita tinggal menunggu penerimaan nomor kartu AKSES, id dan passwordnya saja serta tentunya membayar setoran awalnya. Biasanya sekitar 2 harian selesai.
-     Proses selesai dan kamu bisa trading sesuai dengan jumlah saldo RDI kamu untuk belanja saham pilihanmu.

      3.    Keuntungan mendaftar via online

Selain prosesnya mudah, kamu juga sangat efisien alias tak perlu pergi ke kantor cabang terkait yang tentunya memakan biaya transportasi dan waktumu.  

Sesuaikan dengan pilihanmu. Bila keberadaan kantor cabang sekuritas pilihanmu cukup dekat, maka sebaiknya mendaftar di situ karena selain mendaftar kamu bisa mendapatkan info yang kamu butuhkan, semisal info kelas belajar investasi saham, cara transaksi, komunitas, dan sebagainya.

Sementara bila kamu ingin proses yang simple dan tak terlalu membutuhkan info lain-lain. Toh info lain-lain bisa ditanyakan via telepon, mengunjungi situs terkait, atau tinggal membaca panduan atau informasi atau strategi investasi di situs Ekovestora tercinta ini.

Dengan demikian, langkah konkrit utama menjadi investor saham ialah dengan memiliki akun RDI. Tanpa RDI kamu tak bisa belanja saham, kecuali kamu berinvestasi via reksadana yang diracik oleh manajer investasi terkait. 

Kami tekankan, belajar dan berpikir saja tak cukup. Tetapi perlu aksi nyata dengan memiliki RDI. Lagian investasi saham sangat aman kok, segala transaksimu akan terekam dan tersimpan di otoritas KSEI. 

Lebih dari itu, kamu bisa belanja saham yang kamu yakini perusahaan (emiten) pilihanmu berkinerja baik atau justru produkny sering kamu pakai atau dipakai banyak orang. 

Jadi, kapan kamu punya RDI? yuk mulai sadar investasi, mulailah dari diri sendiri. Bila sudah punya RDI, ajaklah orang-orang sekitarmu. Ketauhilah investasi saham sangat aman kok, mulailah membeli atau mengoleksi saham yang konservatif. (fen).

0 komentar:

Post a Comment