Susah Nabung? Simak Jurus Kreatif Menabung Masa Kini

Sedari kecil seringkali kita dicekoki budaya menabung sampai terngiang tagline ‘NABUNG PANGKAL KAYA’. Sayangnya budaya menabung kini sepertinya mulai terlupakan seiring fase pendewasaan kita.

Terkadang kita mudah kalap ketika gajian datang bisa berabe kan.

Ujung-ujungnya, kita merasa boro-boro menabung karena tergencet pengeluaran yang beraneka ragam ditambah penghasilan pas-pasan pula. Budaya nabung semakin luntur ketika terkena godaan ilusi kenikmatan sesaat gaya hidup masa kini.

Padahal bila konsisten menabung, lambat laun tapi pasti akan terasakan kemanfaatannya suatu saat.
Ilustrasi Alat Tabungan (www.pexels.com - free copyright)
Simak nih, cara kreatif menabung yang unik berikut ini. Dijamin ampuh menambah pundi-pundi tabunganmu.

      1.    Konsisten Nabung Bulanan
Jangan banyak alasan untuk tak nabung bulanan. Tak perlu nunggu uang sisa untuk ditabung. Melainkan tabunglah secara konsisten setiap bulan. Idealnya tabunglah sebesar 15 persen – 30 persen dari penghasilanmu.

Agar lebih optimal, ciptakan kondisi keterpaksaan bulanan semisal dengan menggunakan fasilitas autodebet perbankan terkait atau bisa juga menggunakan kesadaran disiplin diri. Sembari itu padulah dengan motivasi kamu menabung, semisal tabungan untuk mengumpulkan DP KPR rumah, DP kendaraan, modal nikah dengan si cinta, modal usaha, travelling, dan sebagainya.

Alangkah lebih bijak lagi, alokasikan untuk menebar kadar ke zona investasi agar cuan makin berlipat ganda (quantum leap) nantinya. Pada akhirnya orientasi uanglah yang bekerja ke kita.

      2.    Gunakan Tabungan Bebas Biaya Administrasi Bank
Ilustrasi Produk Tabunganku (http://www.tribunnews.com)
Sadar atau tidak biaya administrasi cukup menggerogoti saldo kita. Jumlah biaya administrasi berapapun bila diakumulasikan per tahun nilainya cukup besar juga lho. Bank-bank besar bahkan ada yang memasang biaya administrasi lebih dari Rp 10.000 per bulan, maka per tahun bisa dipalak mereka sekitar di atas Rp 120.000 an, itupun masih satu rekening tabungan, belum rekeningmu yang lain.

Maka dari itu, cermatlah memilih tabungan. Kamu bisa pilih program bernama Tabunganku yang tersedia di hampir semua perbankan. Tabungan ini memberikan fasilitas setoran awal sangat ringan, bebas biaya administrasi, hanya saja aturan setiap bank berbeda.

Menariknya beberapa perbankan ada yang memberikan fasilitas ATM, limit tarik harian, dan sebagainya.

Toh tabungan ini bisa jadi alternatif untuk pos khusus tabungan biar tak tercampur dengan rekening tabungan operasional harianmu. Metode sangat cocok bagi siapapun, terlebih bagi pelajar dan mahasiswa yang uangnya cenderung pas-pasan. Sayang kan digerogoti biaya administrasi bank.

Metode lain yang bisa dicoba adalah memiliki rekening tabungan berbiaya administrasi rendah, tapi tetap menawarkan beragam fitur yang lengkap. Kamu bisa cermati dengan membandingkan beberapa produk tabungan dari beragam provider perbankan.

Salah satunya ialah Tabungan Tahapan Expresi BCA. Keunggulannya, selain biaya administrasinya rendah hanya sebesar Rp 5000 per bulan, juga bisa mendapatkan fasilitas setara persis Tahapan Silver BCA, yakni ibanking, mbanking, ATM, limit Tarik harian setara silver, KlikBCA, ATM tersebar di mana mana, dan sebagainya. Kamu juga bisa memnggunakan produk perbankan lain yang sejenis, terlebih perbankan ternama karena ATM tersebar di mana – mana.

Maka dari itu segera gantilah rekening tabungan sesuai kebutuhanmu, tapi tetap menawarkan fasilitas mempuni. Pisahkan antara rekening tabungan dan rekening tabungan buat operasional harian.

      3.    The Power of Ceban
Ilustrasi Nabung 10 ribu atau 20 ribu (bacaintisari.blogspot.com)
Metode ini sangat mudah kok, cukup dengan menabung rutin saja senilai CEBAN (Rp 10.000). Alternative lainnya kamu juga bisa menggunakan minimal nominal Rp 20.000 atau di campur tak apa-apa.

Kenapa ceban atau double ceban? Karena nominalnya cukup ideal dalam arti tak terlalu kecil sehingga lama terkumpul tabungannya, juga tak terlalu besar yang rentan memberatkan. Kuncinya, setiap kamu pulang ke rumah dan di dompet kamu ada uang tersisa ceban, maka sebaiknya segera kamu masukkan ke tabungan.

Gunakan tabungan yang efisien dengan memanfaatkan barang tak terpakai atau bekas. Semisal dengan botol air mineral bekas berukuras besar minimal 1,5 liter atau toples bekas makanan yang tak terpakai, sehingga kamu tak perlu beli celengan. Toh, cuma buat nampung uang tabungan.

Guna menambah semangat motivasi nabung, kamu bisa menuliskan kata-kata penyemangat atau harapanmu, semisal tabungan yang terkumpul nantinya digunakan untuk membeli Kamera, Ponsel, Travelling, dan lainnya. Biar menarik, celengan buatanmu bisa dihias sedemikian rupa biar selalu teringat padanya (red:celenganmu).

Ingat, agar lebih bijak belilah fungsi (kebutuhan) ketimbang GENGSI. Sayang kan, sudah bersusah payah menabung kalau hasilnya terlalu konsumtif. Syukur-syukur kamu membeli barang yang berorientasi bisa meningkatan produktivitasmu atau peralatan modal usaha.

      4.    The power of Coin
      
Pegawai Dealer Menghitung Koin Pak Setiyadi (http://news.liputan6.com)
Eitsss, jangan salah kekuatan uang koin ini. Meski sepintas terlihat receh, secara tak sadar kalau kamu konsisten mengumpulkannya bisa jadi jutawan loh. Ada banyak kasus yang cukup luar biasa dari fenomena nabung koin ini.

Pada tahun 2016, alkisah heboh seorang warga Depok bernama Setiyadi (45) berhasil membeli motor sport Honda Repsol CBR senilai Rp 30 an juta dengan uang koin hasil menabung dalam kurun waktu 5 tahun. 

Strateginya yang diterapkannya cukup sederhana. Setiap mendapati uang koin nominal Rp1.000 menukar uang koinnya dimanapun untuk ditabung di toples sampai pada akhirnya di wadah ember cat besar.

      5.    Menabung Saham
Beli saham sekarang ini tak serumit dulu. Transaksi beli saham begitu sederhana lewat transaksi online saja. Tenang saja harganya tak mahal kok. Carilah, saham yang harganya terjangkau tapi berkualitas. Minimal pembelian 1 lot berisi 100 lembar saham, semisal harga saham TLKM (PT Telkom) per lembar Rp 5.000, maka minimal belinya senilai Rp 5.000 x 100 = 500.000 per lotnya.

Strateginya sederhana saja, belilah saham pilihanmu secara berkala atau bulanan seperti konsep menabung.  Idealnya, pegaglah saham alam jangka panjang dan belilah saham yang setidaknya saham-saham ternama dengan reputasi kinerja manajemen yang bagus, contohnya saham LQ45 (kumpulan saham unggulan/bluechips). Lanjut, lakukan diversifikasi membeli saham sektor lainnya guna meminimalisir risiko.

Keunggulan saham cukup beragam, mulai dari keuntungan dari selisih harga sampai deviden yang dibagikan per tahun dari hasil laba suatu emiten (perusahaan).

      6.    Menabung Emas
Dulu membeli emas diharuskan berjumlah gram tertentu.Namun, kini berapapun uangmu bisa digunakan untuk membeli emas lho. Meski ceban (10.000) sekalipun sudah bisa ditabungkan membeli emas.

Caranya sangat mudah, kamu tinggal melipir saja ke kantor cabang Pegadaian terdekat dengan membawa kartu identitas apapun, bisa KTP/SIM/lainnya. Berapapun jumlah yang kamu tabung akan langsung dikonversi per gram tertentu seketika saat itu juga.

Kuncinya kamu tinggal konsisten saja nabung bulanan dan beli banyaklah ketika harga turun. Manfaatannya sudah diragukan lagi, kemilau emas ini ampuh melawan inflasi ketimbang danamu Cuma tersimpan di perbankan. Kapan pun kamu mau, bisa mencairkan kapan saja.

Mantab kan, butiran emas yang ditabung lama kelamaan akan menjadi batangan emas yang suatu saat bisa dijual. Sifat emas yang mudah dicarikan (jual) cocok buat motif kebutuhan apapun semisal buat mengumpulkan uang muka (DP) KPR, modal usaha, dan apapun itu.

Bahkan bisa buat modal nikah sampai keperluan daftar haji pun juga bisa. Toh kita tinggal itung-itungan saja berapa juta ongkos naik haji yang kemudian dikonversi menjadi emas gram tertentu. Sehingga jumlah sekian gram itulah menjadi acuan target menabung emasmu.

      7.    Menabung Reksadana
Nabung reksadana adalah alternatif bagi kamu yang tak mau ribet investasi di pasar modal atau pasar uang. Kamu tinggal beli reksadana berkala setiap bulan atau kapan pun juga.

Harganya sangat murah kok, Rp 100.000  juga cukup nanti akan terkonversi otomatis dapaet berapa NAB (Nilai Aktiva Bersih). Maka, manajer investasi professional dari suatu perusahaan asset manajemen yang otomatis akan meraciknya bersamaan dengan dana investor lainnya.

Caranya, kamu tinggal melipir saja ke perusaan penjual reksadana pilihanmu. Kini reksadana juga bisa dibeli lewat online, semisal produk reksadana yang terhimpun di IPOT dan Bareksa yang bekerjasama bisa belanja reksadana via Bukalapak.

Strateginya, sebaiknya belilah reksadana yang memiliki reputasi baik dengan indikator yang sederhana, seperti dana kelolaan besar, prestasi tahunan terlihat dari media-media, manajer investasi ternama.

Keuntungan diperoleh saat kamu jual suatu saat, semisal sat kamu beli harganya 1.000, lantas suatu saat kamu jual sat harganya 1.500. Maka keuntungannya adalah 500 rupiah per NAB.

Keuntungan memiliki reksadana ini beragam dan cocok menjadi pilihan ketimbang menabung atau deposito lantaran cuan reksadana rata-rata lebih menjanjikan atau diatas keuntungan deposito atau tabungan tadi.

Cukup mudah kan? Tekadkan niatmu dengan baik akan tujuan menabungmu. Tunggu apalagi, segera praktekkan sekarang juga dari sekian item tips gokil dan rasional di atas. Nikmati juga rasakanlah keuntungannya dikemudian hari.

(fen)

0 komentar:

Post a Comment