7 Jurus Berburu Penghasilan Tambahan

Hari gini hanya mengandalkan satu sumber penghasilan saja tak cukup. Apalagi penghasilan yang kamu masuk kategori ala BPJS (Bugdet Pas-pasan Jiwa Sosialita) yang identik dengan zona mahasiswa atau zona pegawai biasa dengan gaji setara UMR setempat.

Sementara, kenaikan gajimu tak sebesar persentase kenaikan harga rumah. Semakin hari harga rumah kian selangit dengan lokasi yang kian terpinggirkan (PUCUK).

Alih-alih niat menabung, justru pengeluaran kian tak terbendung. Nah, boro-boro bisa menabung lantaran menabung pun kian susah. Bisa menabung pun, jumlah menabungnya mentok segitu-segitu saja tak beranjak alias perlahan kian tak pasti.

Harga-harga secara umum kompak naik secara pasti. Baru baru ini saja, harga listrik saja sudah setara dengan biaya cicilan Sepeda Motor gara-gara pencabutan subsidi listrik 900VA hingga merembet pula pada kenaikan harga kos maupun kontrakan bagi yang masih ngekos atau ngontrak.
via www.pexels.com (free copyright)
Tentu, berburu penghasilan tambahan mutlak diperlukan agar penghasilanmu mampu terdongkrak demi pengeluaran yang lebih berkualitas atau meraih sesuatu yang kamu idamkan. Berikut jurusnya:

      1.    Gabung Transportasi Online
Bagi yang memiliki kendaraan pribadi baik motor maupun mobil, bisa mendapatkan penghasilan tambahan tanpa perlu mengalokasikan banyak waktu. Kamu bisa online kapan saja, bahkan sambil mengisi waktu kala hari libur atau jam-jam tertentu. Caranya cukup mudah, tinggal daftar bergabung dengan sejumlah perusahaan transportasi online ternama via online di website resmi masing-masing, seperti GOJEK, GRAB, dan UBER.

Sementara, bagi yang tak punya kendaraan pribadi bisa diakali dengan cara menyewa kendaraan di rental terdekat atau kredit kendaraan bermotor.

Termasuk bagi kamu yang setiap hari berngkat kerja dan pulang kerja bisa bergabung GRABHITCH (nebeng), yakni menebengi penupang yang memiliki rute sama yang bebas dipilih baik bagi yang punya motor maupun mobil. Selain mendapatkan penghasilan, kamu juga akan mendapatkan teman baru. Siapa tahu teman barumu itu memiliki profesi yang saling berkaitan sehingga bisa bekerja-sama suatu hari nanti atau menjadi jodohmu lho. Sambil menyelam, minum milkshake.

      2.    Peluang Menarik Menjadi Mitra Periklanan
Setali tiga uang, kamu bisa melipatgandakan penghaslinmu selain menjadi mitra transportasi online, sambil bermitra dengan provider jasa periklanan. Caranya sangat mudah, kamu tinggal daftar ke penyedia jasa periklanan kendaraan via website resmi masing-masing, seperti ubiklan.com, promogo.com, sti-car.com, klana.in, kar-ads.com, wrabmobil.co.id, doqar.com, stickearn.com. Sementara, bagi yang memiliki sepeda motor bisa bergabung via karta.id.

Sistem kerjanya sangat mudah, ketika telah terdaftar dan tertempel iklan dikendaraanmu, maka setiap perjalanan kemanapun kamu tinggal mengaktifkan aplikasi saja. Setiap jarak yang kamu tempuh itu akan dihargai sejumlah uang oleh pihak penyedia iklan.

      3.    Mitra Jasa Pengiriman Barang (Logistik)
Peluang ini juga patut dicoba, dengan paduan bermitra dengan transportasi online dan mitra periklanan juga bisa dilipatgandakan lagi dengan bergabung dengan penyedia angkutan barang. Kamu tinggal daftar mengakses situs Deliveree.com atau situs sejenisnya. Layanan ini tersedia bagi kendaraan bermotor baik mobil maupun sepeda motor.

Mekanisnya sama saja, setelah terdaftar, maka setiap barang yang kamu kirim dari order yang masuk akan dihargai sejumlah uang tertentu yang nominalnya sesuai dengan jenis, berat, dan atau jarak pengiriman barang.

      4.    Ubah Hobi Jadi Cuan
Mendapatkan penghasilan dari hobi, mengapa tidak? Bahkan di luar sana banyak orang yang mengidamkan untuk bekerja sesuai denga hobby atau passion mereka.

Setiap orang pasti punya kesukaan masing-masing. Kesukaan itu bisa diubah jadi cuan dengan cara memasarkan produk atau menawarkan keahlianmu, seperti jual produk tertentu, jasa fotografi, jasa videografi, MC, penulis, dan sebagainya.

Keuntungan profesi ini ialah fleksibilitas waktu yang bisa dikerjakan kapan pun dan di mana pun. Tawarkanlah keahlianmu via situs freelancer kenamaan, seperti Sribulancer.com, freelancers.com, sribulancer.com, projects.co.id, gobann.com, serba50ribu.com, upwork.com, guru.com, craigslist.com, 99designs.com dan sebagainya. Bahkan bisa juga menjual karya berupa foto atau lainnya ke sejumlah situs jual-beli foto (Istockphoto) maupun musik.

      5.    Berburu Cuan Bisnis Online
Sayang sekali bila sampai hari ini kamu hanya menjadi pembeli disejumlah toko online. Mulailah berpikir untuk membuka toko online mengingat geliat valuasi toko online ini sungguh luar biasa. Nilai transaksi belanja online terus tumbuh signifikan seiring dengan ledakan pertumbuhan pengguna internet.

Caranya, kamu bisa memulai dengan membuat produk atau berburu produk tertentu (reseller) untuk kemudian dipasarkan di toko online kamu. Kamu bisa bekerja-sama dengan toko tertentu yang kamu temui untuk meminta katalog produknya, termasuk meminta harga khusus.

Fenomena tren peralihan ke belanja online begitu kentara karena  menawarkan kesan belanja yang cepat dan praktis tanpa harus keluar rumah. Jangan lewatkan kesempatan ini menjadi bisnis sampinganmu. Segera bukalah tokomu di lapak online ternama, seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan lainnya sembari perkuat branding memanfaatkan sosial media dan website resmi untuk berjualan.

      6.    Agen Pemasaran Properti
Profesi ini cukup menarik karena menawarkan kelebihan lain, seperti fleksibilitas waktu dan besarnya komisi penjualan serta bisa kerja di sejumlah perusahaan pemasaran properti yang lain atau berburu properti untuk kamu jual sendiri.

Maraknya pembangunan perumahan dan infrastruktur pendukung lainnyya, termasuk program sejuta rumah menjadi kesempatan emas untuk diambil dengan manawarkan produk yang kamu pasarkan. Cakupan properti ini bermacam-macam, seperti rumah, ruko, apartemen, tanah, dan atau asset tak lancar lainnya.

Tak perlu memiliki sebidang tanah atau rumah yang ingin dijual. Cukup dengan mempertemukan (makelar) penjual dan pembelinya saja. Kamu harus sedikit banyak paham mengenai urutan proses jual beli properti beserta legalitasnya.

Modalnya bisa dibilang modal dengkul, kamu bisa datangi atau cari perusahaan properti sekitarmu untuk membantu menawarkan produknya. Disamping itu yang tak kalah penting ialah perdalam skil pengetahuan tentang produk yang akan kamu pasarkan agar komunikatif dan solutif serta pentingnya memiliki jaringan database yang dimiliki untuk dikembangkan semisal dengan membuat website dan fanspage produk yang hendak dijual dengan menampilkan nomor kontakmu tentunya.

      7.    Ubah Barang Bekas Jadi Berkah
Setiap orang pasti memiliki kecenderungan pada hal tertentu (hobi), hingga mengoleksi barang-barang yang berkaitan dengan hobimu. Ketimbang bejibun memenuhi ruang, pertimbangkan juallah barang-barang yang tak terpakai atau dengan cara berburu barang-barang bekas yang harganya di bawah harga pasar untuk di jual kembali via situs online cara tepat jual cepat di situs terkemuka, seperti OLX.com.

Yuk, segera aplikasikan, nikmati cuannya. Siapa tahu suatu saat sangat potensial atau bahkan hasilnya lebih besar dari gajimu yang sekarang kian membuka celah dari jeratan budak korporasi.


(Ayy/fen)

0 komentar:

Post a Comment